Beberapa Cara Mempercepat Kinerja Android

0

Kita semua pastinya ingin perangkat android yang lebih cepat. Terutama apabila ponsel yang kita miliki sudah berusia lebih dari 3 tahunan. Tentu itu akan sangat berbeda dengan ponsel keluaran terbaru. Yang perlu di ketahui adalah bahwa semua aplikasi bawaan ponsel android bukan berarti tidak dapat memperlambat kinerja ponsel anda. Banyak aplikasi-aplikasi yang malah akan menjadikan ram ponsel anda terkuras habis ataupun menjadikan baterai lebih cepat habis. Untuk menjadikan smartphone kamu lebih cepat, berikut beberapa cara untuk mempercepat kinerja android.

Bersihkan layar utama

Apabila kamu memiliki ram yang kecil, usahakan jangan gunakan widge ataupun animasi wallpaper di layar utama. Itu akan membuat ponsel kam lebih berat. Contohnya saja apabila kamu pertama kali menyalakan smartphone, layar utama akan terlihat kosong kemudian muncul widget satu persatu apabila terdapat banyak widget di halaman depan. Untuk itu jngan gunakan widget berlebihan di layar utama.

Ubah launcher default

Biasanya launcher bawaan android dirancang untuk memberikan fitur yang mengutamakan tampilan smartphone itu sendir. Oleh sebab itu beberapa launcher default dapat memperlambat kinerja OS android. Banyak sekali launcher yang tersedia di play store, kamu bisa memilihnya sesuai dengan yang di inginkan. Untuk recomendasi launcher yang cepat adalah Nova Launcher, karna memiliki tampilan yang minimalis dan tanpa banyak animasi bergerak.

Ubah Browser Default

Alat browsing di perangkan android anda biasanya memakan kuota terlalu banyak dan sangat lambat. Untuk recomendasi browser yang terbaik adalan OperaMini atau UcBrowser. Kedua browser tersebut sudah di rancang untuk memaksimalkan kecepatan brosing dan kinerja perangkat anda.

Uninstal Aplikasi Besar

Aplikasi-aplikasi yang berukuran besar ataupun yang memakan ram sangat besar, harus di hapus. Contohnya saja aplikasi facebook, memiliki ukuran dan aktifitas ram yang cukup besar. Untuk jalan keluarnya gunakan facebook dari aplikasi pihak ketiga atau developer lain. Apabila aplikasi sistem atau aplikasi dafault yang dapat menggagu kinerja android kamu, itu hal yang agak sulit. Karna aplikasi sistem tidak akan bisa di hapus secara langsung. Jalan satu-satunya adalah denga cara me-Root smartphone kamu.

Hapus Aplikasi Anti Virus

Aplikasi Antivirus memang sangat berguna untuk menjaga smartphone kamu dari malware berbahaya. Tapi itu tidak perlu di gunakan apabila kamu menginstall aplikasi hanya dari Play Store atau Amazone Appstore.

Hentikan Aplikasi Auto-Sinkronisasi

Beberapa aplikasi bekerja dengan Auto-Sync, seperti berita, cuaca, sosial media. Apliksi-aplikasi tersebut mengambil data secara online setian beberapa menit, itu akan mnyebabkan ponsel kamu bekerja labih keras. Ubah Auto-Sync dafault aplikasi tersebut, seperti setiap jam, hari, atau di matikan.

Reboot Smartphone

Mereboot atau menyalakan ulang perangkat kamu, itu akan membuat perangkat lebih fresh dan menjadikan berjalan lebih lancar.

Mempercepat Animasi

Animasi membuat tampilan android lebih menyenangkan, tapi itu sedikit mengurangi kinerja perangkat kamu. Ubah keceatan animasi ini. Biasanya untuk ponsel yang masih baru, pengaturan ini tidak di tampilkan. Untuk mengubahnya pergi ke Setting > Pilihan Pengembang dan mengatur jendela animasi skala, transisi animasi skala dan skala durasi Animator menjadi 5x. Ini memotong panjang setengah animasi (kamu dapat mematikannya sepenuhnya, jik mau). Apabila pengaturan pilihan pengembang tidak ada, kamu harus mengaktifkannya denga cara menekan pengaturan > tentang ponsel sebanyak 3 atau 7 kali. Maka kamu akan melihat pengaturan pilihan pengembang.

Custom Rom

Custom Rom berisi build lengkap dari sistem OS android. Mengubah Rom android dapat membuat tampilan bahkan kinerja android anda lebih ringan. Instalasi custom Rom pada stock software smartphone kecil itu akan sangat berguna sekali. Untuk menginstall custom Rom harus menjadikan Smartphone kamu dalam keadaan root. Ada beberapa Custom Rom yang dapat kamu install yaitu seperti Lineage OS.

Custom Kernel

Kernel mengelola antara perangkat lunak dan perangkat keras di ponsel kamu. Ada banak alasan untuk menggunakan aplikasi Custim Kernel, salah satunya adalah mempercepat smartphone kamu.Custom Kernel dapat men-Tweak bagaimana fungsu perangkat keras yang ada dismartphone kamu. Dan juga dapar mengatur prosesor dalam kecapatan maksimal. Beberapa aplikasi kustom kernel bhkan dapat mengatur setiap aplikasi. Contohnya saat kamu ingin bermin gamu, kamu dapat merubhnya dalam kinerja maksimum dan mengembalikan seperti semula setelah bermain game.

Hapus Aplikasi Kontrol Ram

Memang aplikasi ini dapat membunuh aplikasi yang bekerja di latar belakang, namu aplikasi ini tidak akan bekerja seperti yang kita harapkan. Contohnya Greenify, aplikasi ini dapat menghentikan aplikasi lain dan membebaskan Ram. Namun kenyataannya itu tidak benar dan malah akan memperlambat kinerja ponsel kita. Greenify lebih dimaksudkan untuk menghemat baterai ponsel kita meskipun di tegaskan untuk meningkatkat kinerja ponsel.

Jangan Menggunakan Aplikasi Booster

Memang nama-nama dari aplikasi tersebut utuk mempercepat smartphone kita, seperti Ram Booster, Speed Booster, Penguat Ram, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut hanya akan menjadikan ponsel kita semakin berat untu bekerja. Belum lagi apabila ada iklan yang sangat mengganggu dari aplikasi tersebut. Bukannya malah mempercepat, tapi malah akan memperlambat.

Itulah beberapa cara untuk mempercepat kinerja android anda. Namu itu semua tergantung dari Hardware smartphone kita sendiri. Cepat atau lambat ponsel kita akan mengalami penurunan kinerja setiap harinya. Tapi jangan takut mencoba untuk mengetahui apakah cara di atas bekerja dengan baik di posel kamu atau tidak.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.