Google Play Store Error? Ini Solusinya

Pernahkah Google Play store error saat akan mendownload aplikasi?. Ya, itu mungkin di sebabkan oleh beberapa faktor yang membuat aplikasi menjadi crash. Errornya google play sering terjadi pada kebanyakan android, tapi jangan khawatir, mungkin cara di bawah ini bisa megatasi masalah kamu.

Mengatur Tanggal Dan Waktu

Biasanya google Play store tidak bekerja di sebabkan oleh tanggal dan jam yang tidak sesuai. Hal ini menyebabkan data di goole dan smartphone anda tidak sinkron. Untuk mengatur pengaturan waktu, kamu bisa mengaturnya di pengaturan jam dan tanggal. Biasanya pengaturan jam dan tanggal di set otomatis. Apabila tidak di set otomatis, kamu harus merubahnya keotomatis. Mungkin hal yang bisa kamu lakukan, mengeset tanggal dan waktu secara manual dan sesuaikan setepat mungkin.

Periksa Jaringan

Mungkin terlihat sepele. Tapi ini sering menjadi hal yang tidak terduga. Apakah itu di sebabkan oleh provider kita yang error, ataupun pada smartpon kita sendiri. Tes jaringan dengan cara membuka aplikasi atau game online untuk mengetauhi jaringan bekerja atau tidak.

Menghapus Cache Google Play Store

Cache adalah sebuah data yang disimpan oleh aplikasi untuk merekam aktifitas kita dan meningkatkan kecepatan aplikasi tersebut saat di buka kembali. Cara yang perlu kamu lakukan untuk menghapus cache adalah dengan pergi ke Pengaturan dan pilih Apps atau Manajer Aplikasi (tergantung perangkat kamu), kemudian cari Google Play Store. Tekan Google Play Store dan hapus cache.

Hapus Data Play Store

Apabila menghapus cache tidak berhasil, gunakan hapus data. Menghapus data akan menyebabkan semua informasi log-in kamu akan hilang. Apabila kamu membuka aplikasi Play Store setelah menghapus data, kamu akan melihat Google Play Store seperti pertama kali kamu masuk. Mungkin kamu akan di minta untuk memasukkan akun google atau hanya di minta konfirmasi akun saja. Sebelum melakukannya, usahakan kamu mengetahui data log-in akun google kamu.

Hapus Data Dan Cache Layanan Google Play

Apabila cara di atas masih membuat google play store error, cobalah menghapus data dan cache layanan google. Beberapa masalah bisa juga di sebabkan oleh Play Service Google. Layanan Google Play adalah apikasi yang mendukun Play Store. Mungkin tanpa aplikasi ini, Play Store kamu tidan akan bekerja. Play Service Google ini sangat berperan penting di Android kamu, semua hal yang di lakukan smartphone, akan berhubungan dengan aplikasi tersebut. Untuk menghapus cache dan data Layanan Google Play adalah dengan cara yang sama untuk menghapus cache dan data Google Play Store.

Mensinkron Ulang Akun Google

Mungkin akun google kamu tidak bisa sinkron secara otomatis. Untuk melakukannya kamu harus pergi ke Pengaturan > Akun > Google dan pilih akun kemudian klik sinkronisasi akun.

Periksa Aplikasi Yang Di Nonaktifkan

Biasanya ada beberapa aplikasi yang bergantung pada aplikasi lain. Apalagi seperti aplikasi sistem Play Sore ini. Kamu bisa melihat aplikasi apasaja yang kamu nonaktifkan di pengaturan manajer aplikasi. Biasanya yang berperan penting di Play Store Adalah aplikasi kalender.

Menonaktifkan VPN

VPN biasanya di gunakan untuk menginstall aplikasi yang tidak bisa kita install di negara kita, seperti aplikasi yang hanya bisa di install di negara US. Untuk menginstallnya kita membutuhkan VPN tersebut. Tapi apabila Play Store kita menjadi error, kita perlu mencoba untuk menonaktifkan terlebih dahulu VPN kita.

Aktifkan Downloads Manajer

Google Play Store kamu mungkin bekerja dengan Downloads Manajer. Apabila download manajer dalam keadaan nonaktif, kamu harus menonaktifkanya dipengaturan manajer aplikasi. Kamu juga dapat menghapus data dan cache pada aplikasi Downloads Manajer tersebut.

Hapus File “hosts.txt”

Menghapus file hosts.txt ini, perangkat kamu harus sudah dalam keadaan root. Untuk menghapusnya kamu harus memiliki aplikasi explorer dan pergi ke root > system dan hapus file hosts.txt. Ingat hanya hapus file hosts.txt saja.

Uninstall Pembaruan Play Store

Pembaruan Play Store di Smartpone kamu adalah secara otomatis. Hal ini dapat menjadikan Play Store tidak cocok dengan perangkat kamu. Menghapus pembaruan Play Store mungkin bisa mengatasi masalah. Yang perlu kamu lakukan adalah pergi ke pengaturan manajer aplikasi dan pilih Uninstall pembaruan.

Reset Smartphone


Apabila cara-cara di atas masih tidak bekerja, lakukan reset smartphone menjadi kembali ke pengaturan pabrik. Ingat, apabila kamu melakukannya, semua data yang ada di Smartphone kamu akan hilang. Jadi sebelum melakukanya kamu harus backup data-data terlebih dahulu. Untuk reset ulang Android kamu adalah dengan pergi ke Pengaturan > Backup & Reset > Factory Data Reset. Di sana kamu akan melihat reset telepon saja atau dengan memformat external memor, setelah itu kamu tekan Reset Phone dan Android kamu akan menjadi ke pengaturan seperti baru. Cara ini mudah-mudahan akan memperbaiki google play store yang error.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *