Mengatasi Error com.google.process.gapps Tanpa Reset Ponsel

Apakah kamu pernah mengalami pesan error “Sayangnya com.google.process.gapps Telah Berhenti“?. Ya, itu mungkin di sebabkan oleh beberapa aplikasi yang crash. Tapi jangan khawatir, kami akan membantu mengatasinya dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Hapus Cache Aplikasi

Apabila masala ini muncul saat kamu membuka salah satu aplikasi, kamu harus menghapus cache aplikasi tersebut. Kamu bisa menghapusnya di Pengaturan > manager aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin hapus cache.
Jika menghapus cache tidak berhasil, kamu bisa juga menghapus data aplikasi. Tapi ingat, jika kamu menghapus data, semua akun login dan hal lainnya yang tersimpan di aplikasi tersebut akan hilang. Jadi kamu harus mencadangkan terlebih dahulu data-data aplikasi sebelum di hapus.

Hapus Layanan Google Play Cache

Menghapus data Play Store memang agak menakutkan, tapi itu tidak akan membuat hilang semua data kamu. Yang akan di hapus hanyalah pengaturan yang telah di terapkan di Play Store atau bahkan tidak akan terjadi apa-apa di Play Store kamu.
Kamu bisa menghapusnya di Pengaturan > plikasi > Layanan Google Play dan pilih Penyimpanan kemudian tekan hapus cache.

Setel Ulang Preferensi Aplikasi

Kamu bisa menglakukannya di Pengaturan > Aplikasi > Semua dan pilih setel ulang preferensi. Menyetel ulang preferensi berarti kamu akan mengatur ulang semua aplikasi, tapi kamu tidak akan kehilangan suatu data apapun dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Nonaktifkan Aplikasi Update Otomatis

Mungkin saat aplikasi terupdate secara otomatis, akan ada beberapa masalah yang muncul. Kamu bisa menonaktifkannya di pengaturan Play Store. Tapi kamu harus tetap memperbarui pembaruan aplikasi secara manual di Play Store.
Menonaktifkan pembaruan otomatis juga akan mempercepat kinerja ponsel.

Itulah beberapa cara yang mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi error com.google.process.gapps. Apabila cara-cara di atas tidak bekerja, kamu harus mereset ponsel kamu. Mugkin itu jalan satu-satunya mengatasi error tersebut. Setelah kamu menghapus semua data, maka ponsel kamu akan kembali kepengaturan awal seperti baru. Sebelum mereset sebaiknya backup semua data yang pengting terlebih dahulu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *