Menginstall Xposed Framework Android Lollipop & Marshmallow

0

Menginstall Xposed Framework merupakan hal penting yang di lakukan untuk menjalankan Xposed Installer pada android L/M. Xposed Installer sendiri adalah aplikasi android yang banyak menjadi kegemaran bagi pengguna android. Dengan Xposed, kamu bisa mengubah atau memodifikasi suatu tampilan smartphone mulai dari status bar, menu, icon, dan lainnya yang berhubungan dengan keindahan tampilan android. Ini merupakan aplikasi yang sangat praktis, karena dapat menjalankan semua keinginan kita untuk merubah tampilan android dengan bantuan module yang di miliki Xposed tersebut.

Module Xposed adalah suatu aplikasi yang di kembangkan oleh seseorang untuk melengkapi kinerja dari Xposed tersebut. Sederhananya, Xposed akan bekerja sesuai dengan Module yang di install pada Xposed tersebut. Apabila kamu ingin mengubah sebuah tampilan status bar, maka kamu memerlukan Modul seperti Gravity Box dan dapat dijalankan karena adanya bantuan dari Xposed Installer.

Di dalam Xposed Installer tersebut terdapat banyak sekali Module yang bisa kamu download dengan gratis. Fungsi dan kegunaanya juga bermacam-macam, tinggal kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Ada Module yang mungkin kamu harus berhati-hati dalam menggunakanya, yaitu seperti module yang mengubah tampilan secara langsung melalui system android. Jadii, sebelum kamu menggunakan Xposed dengan Module-module tersebut, alangkah baiknya backup dulu semua data yang ada pada smartphone kamu.

Syarat Memasang Xposed Framework

Sebelum memasang Xposed Framework, ada beberapa hal yang harus terdapat pada ponsel.

  1. Ponsel android harus sudah dalam keadaan root
  2. Sudah terinstall CWM/TWRP pada android
  3. Yang ketiga hanya untuk jaga-jaga saja apabila terjadi kesalahan pada pemasangan. Backup semua data penting pada ponsel kamu

Setelah semuanya terpenuhi, langsung saja kita lakukan cara menginstall Xposed Framework pada Lollipop Dan Marshmallow.

Download Xposed Framework & Xposed Installer

Untuk mengetahui ARM, ARM64, atau X86 pada android, kamu cukup mendownload aplikasi CPU-Z. Sebenarnya, aplikasi ini tidak hanya untuk melihat arsitektur dari android kamu, tapi juga dapat melihat semua informasi dari system android smartphone yang sedang kamu gunakan. Untuk melihatnya, kamu buka aplikasi CPU-Z dan lihat pada menu System. Di bagian Architecture kamu bisa melihat ARM yang kamu pakai. Jika armv7 kebawah, berarti OS yang di gunakan 32bit, dan jika armv8 OS yang di gunakan 64bit.
Screenshot System Cpu Z Apps

CPU-Z
Price: Free+

Xposed Framework Android Lollipop

Platform Download
ARM (32-bit) 5.0 | 5.1
ARM64 (64-bit) 5.0 | 5.1
x86 (Intel devices) 5.0 | 5.1

Xposed Framework Android Marshmallow

Platform Download
ARM (32-bit) 6.0/6.0.1
ARM64 (64-bit) 6.0/6.0.1
x86 (Intel devices) 6.0/6.0.1

Xposed Framework Uninstaller

Apabila terjadi kesalahan dan ponsel tidak mau booting, kamu bisa menggunakan Xposed Framework Uninstaller untuk mencopot pemasangan Xposed Framework. Download Xposed Uninstaller.

Xposed Installer Apk

File ini untuk menjalankan atau mengoperasikan file Xposed Framework yang sudah kamu install. Cara pemasangannya cukup mudah, kamu tinggal menginstallnya seperti menginstall aplikasi pada umumnya. Download Xposed Installer Apk

Cara Menginstall Xposed Framework

Setelah semua file dan bahan yang di perlukan udah kamu download, selanjutnya kita akan ke tahap pemasangan. Sebelum menginstall Xposed Framework, sebaiknya baterai pada ponsel kamu dalam keadaan 50% lebih agar tidak terjadi masalah saat melakukan instalasi.

  1. pindahkan file Xposed Framework dan Xposed Framework Uninstaller ke-external memori.
  2. Masuk ke Recovery Mode dengan cara menekan Volume up + tombol Home + Power secara bersamaan (ada beberapa ponsel yang berbeda, coba saja dengan menekan Volume up + Power atau Volume up + Volume down + Power).
  3. Setelah masuk Mode Recovery, pilih install zip from SDcard (untuk pengguna CWM) atau install (untuk pengguna TWRP) dan pilih file Xposed Framework zip yang sudah kamu download.
  4. Tunggu sampai penginstalan selesai, kemudian Wipe Dalvik & System Cache, setelah itu Reboot.
  5. Langkah terakhir, kamu install Xposed Installer apk pada ponsel kamu. Apabila ada notifikasi peringatan instalasi, injinkan saja pada Settings App > Security > Enable Unknown sources.

Setelah semuanya telah di lakukan, kemudian kamu buka aplikasi Xposed dan lihat pada menu Framework. Apabila Xposed Framework sudah aktif di tandai dengan centang berwarna hijau. Dan itu artinya, kamu sudah selesai menginstall Xposed Framework pada Lollipop atau Marshmallow.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.